Google itu :
1. Berfokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti.
Sejak awal, kami
telah berfokus memberikan pengalaman terbaik sebisa mungkin kepada pengguna.
Saat kami merancang peramban internet yang baru maupun saat menyempurnakan tampilan
beranda, kami sangat berhati-hati untuk memastikan layanan terbaik bagi Anda,
bukan alasan atau pun tujuan internal kami. Antarmuka beranda kami jelas dan
sederhana, dan laman dimuat dalam sekejap. Penempatan dalam hasil penelusuran
tidak pernah dijual untuk siapa pun, dan iklan tidak hanya ditunjukkan seperti
iklan biasanya namun menawarkan konten yang relevan dan tidak mengganggu.
Selain itu, saat kami membuat alat dan aplikasi baru, kami yakin itu akan
bekerja dengan
sangat baik
sehingga Anda tidak sampai membayangkan bagaimana jika alat atau aplikasi itu
dirancang secara berbeda.
2. Yang terbaik adalah mengerjakan satu hal dengan sangat baik.
Kami benar-benar
menelusuri. Dengan salah satu grup riset terbesar di dunia yang berfokus khusus
pada pemecahan masalah penelusuran, kami tahu apa yang kami lakukan dengan
baik, dan bagaimana kami dapat menjadikannya lebih baik lagi. Melalui iterasi
yang berkelanjutan pada masalah-masalah pelik, kami mampu memecahkan
permasalahan rumit dan menghadirkan perbaikan berkelanjutan pada layanan yang
telah menjadikan pencarian informasi pengalaman yang cepat dan mulus bagi
jutaan orang. Dedikasi kami pada perbaikan penelusuran membantu kami menerapkan
apa-apa yang telah kami pelajari pada produk-produk baru, seperti Gmail dan
Google Maps. Harapan kami adalah menghadirkan kekuatan penelusuran ke area-area
yang belum terjamah, dan membantu orang mengakses dan menggunakan lebih banyak
lagi informasi yang senantiasa melimpah dalam kehidupan mereka.
3. Lebih baik cepat daripada lambat.
Kami tahu bahwa
waktu Anda berharga, jadi saat mencari jawaban di web Anda menginginkan
hasilnya dalam sekejap–kami bertujuan memenuhinya. Mungkin kami satu-satunya
orang di dunia yang bertujuan membuat orang meninggalkan beranda kami sesegera
mungkin. Dengan mengurangi kelebihan bit dan byte dari laman kami dan
meningkatkan keefisienan lingkungan layanan, kami berulang kali memecahkan
rekor kecepatan kami sendiri, sehingga waktu respons rata-rata pada hasil
penelusuran adalah sepersekian detik. Kami terus mempertimbangkan kecepatan
setiap kali merilis produk baru, baik aplikasi seluler maupun Google Chrome,
peramban yang dirancang agar cukup cepat untuk web modern. Di samping itu, kami
terus berusaha membuat semuanya lebih cepat lagi.
4. Demokrasi dalam kerja web.
Penelusuran
Google sukses karena mengandalkan jutaan tautan pengeposan individu di
situs-situs web untuk membantu menentukan situs lain yang menawarkan konten
yang bernilai. Kami menilai pentingnya setiap laman web menggunakan lebih dari
200 sinyal dan berbagai teknik, termasuk algoritme berpaten, PageRank™, yang
menganalisis situs mana yang telah “diberi suara” sebagai sumber informasi
terbaik oleh laman lainnya di seluruh web. Seiring makin berkembangnya web,
pendekatan ini semakin meningkat, karena setiap situs baru menjadi sebuah titik
informasi dan suara tambahan yang harus dihitung. Secara bersamaan, kami aktif
mengembangkan perangkat
lunak sumber
terbuka, yang menghadirkan inovasi berkat upaya bersama dari banyak programer.
5. Meskipun tidak berada di depan meja kerja, Anda bisa saja
membutuhkan jawaban.
Dunia semakin
berubah ke arah seluler: orang ingin mengakses informasi di mana saja dan kapan
saja. Kami memelopori teknologi baru dan menawarkan solusi layanan seluler baru
yang membantu orang di seluruh dunia melakukan banyak tugas melalui ponsel,
mulai dari memeriksa email dan kalender acara hingga menonton video, belum
termasuk beberapa cara berbeda untuk mengakses penelusuran Google melalui
ponsel. Selain itu, kami berharap dapat mendorong inovasi yang lebih besar bagi
para pengguna seluler di mana saja dengan Android, sebuah platform seluler
sumber terbuka dan gratis. Android membawa keterbukaan yang membentuk internet
dalam dunia seluler. Android tidak hanya menguntungkan konsumen, yang mempunyai
lebih banyak pilihan dan pengalaman seluler baru yang inovatif, namun juga
membuka peluang penghasilan bagi penyedia seluler, pabrikan, dan
pengembang.
6. Anda dapat mendapatkan uang tanpa berbuat jahat.
Google adalah bisnis.
Pendapatan kami berasal dari penawaran teknologi penelusuran bagi perusahaan
dan dari penjualan iklan yang dipajang di situs kami serta situs lain di
seluruh web. Ratusan ribu pengiklan di seluruh dunia menggunakan AdWords untuk
mempromosikan produknya; ratusan ribu penayang memanfaatkan program AdSense
untuk menayangkan iklan yang relevan dengan konten situsnya. Untuk menjamin
bahwa kami benar-benar melayani semua pengguna (pengiklan maupun bukan), kami
memiliki kumpulan prinsip pemandu untuk praktik dan program periklanan kami:
Kami tidak
mengizinkan iklan ditampilkan pada laman hasil kami kecuali relevan dengan
tempat iklan ditampilkan. Selain itu, kami sangat yakin bahwa iklan dapat
memberikan informasi yang berguna jika, dan hanya jika, relevan dengan apa yang
ingin Anda temukan–jadi mungkin saja penelusuran tertentu tidak akan
menunjukkan iklan sama sekali.
Kami percaya
iklan dapat efektif tanpa harus menyolok. Kami tidak menerima iklan munculan,
karena mengganggu penayangan konten yang diminta. Kami menemukan bahwa iklan
teks yang relevan dengan pembaca mendapatkan rasio klik/tayang (CTR) jauh lebih
tinggi dibanding iklan yang muncul acak. Semua pengiklan, besar maupun kecil,
dapat memanfaatkan media yang sangat dibidik ini.
Iklan di Google
selalu ditandai dengan jelas sebagai “Pesan Sponsor,” sehingga tidak merusak
integritas hasil penelusuran. Kami tidak pernah memanipulasi peringkat untuk
memprioritaskan mitra dalam hasil penelusuran dan tak seorang pun dapat membeli
PageRank yang lebih baik. Pengguna mempercayai objektivitas kami dan tidak ada
keuntungan jangka pendek apa pun yang dapat membenarkan penodaan kepercayaan
itu.
7. Selalu ada informasi lain di luar sana.
Setelah kami
mengindeks lebih banyak laman HTML di internet daripada layanan penelusuran
lainnya, teknisi kami mengalihkan perhatiannya pada informasi yang belum dapat
diakses. Kadang ini hanyalah masalah integrasi basis data baru ke penelusuran,
seperti menambahkan nomor telepon, pencarian alamat, dan direktori bisnis.
Upaya lainnya membutuhkan sedikit lebih banyak kreativitas, seperti menambah
kemampuan untuk menelusuri berita, arsip, paten, jurnal akademik, miliaran
gambar, dan jutaan buku. Selain itu, peneliti kami terus mencari cara untuk
memberikan semua informasi di dunia kepada orang-orang yang mencari jawaban.
8. Kebutuhan akan informasi melebihi batas apa pun.
Perusahaan kami
didirikan di California, namun misi kami adalah memfasilitasi akses terhadap
informasi untuk seluruh dunia, dan dalam setiap bahasa. Karena itu, kami
memiliki kantor di lebih dari 60 negara, mengurus lebih dari 180 domain
internet, dan separuh hasil penelusuran kami disajikan kepada orang-orang yang
tinggal di luar Amerika Serikat. Kami menawarkan antarmuka penelusuran Google
dalam lebih dari 130 bahasa, menawarkan kemampuan untuk membatasi hasil
penelusuran sesuai konten yang ditulis dalam bahasa mereka, dan bertujuan
menyediakan aplikasi dan produk kami lainnya dalam sebanyak mungkin bahasa dan
format yang dapat diakses. Dengan alat penerjemah kami, orang dapat menemukan
konten yang ditulis di belahan bumi lain yang berbahasa asing. Dengan alat ini
dan bantuan dari penerjemah sukarela, kami dapat benar-benar menyempurnakan
jenis dan
kualitas layanan
yang dapat kami tawarkan meski di daerah yang paling tak terjangkau di dunia.
9. Anda bisa tampak serius tanpa mengenakan setelan.
Pendiri kami
membuat Google dengan ide bahwa kerja seharusnya menantang, dan tantangan itu
seharusnya menyenangkan. Kami yakin bahwa hal-hal kreatif yang hebat lebih cenderung
muncul dalam budaya perusahaan yang benar–dan itu bukan sekadar aksesori dalam
perusahaan. Ada penegasan dalam pencapaian tim dan kebanggaan atas keberhasilan
individu yang berkontribusi pada keberhasilan kami secara keseluruhan. Kami
memiliki pegawai yang hebat–orang-orang yang bersemangat dan berhasrat tinggi
dari latar belakang yang berbeda dengan pendekatan kreatif untuk bekerja,
bermain, dan menjalani hidup. Atmosfer kami mungkin santai, namun saat ide
muncul di antrean kafe, di rapat tim, atau di gimnasium, ide itu disepakati,
diuji, dan dipraktikkan dalam sekejap–dan itu bisa jadi landasan luncur untuk
proyek baru yang ditujukan bagi penggunaan di seluruh dunia.
10. Hebat masih belum cukup.
Dalam pandangan
kami, hebat dalam suatu hal adalah awal, bukan tujuan. Kami menetapkan tujuan
yang kami tahu belum dapat kami raih, karena kami sadar bahwa jika kami
berupaya keras untuk mencapai tujuan itu, maka kami dapat melampaui perkiraan
kami semula. Melalui inovasi dan iterasi, kami ingin mengambil apa-apa yang
berhasil baik dan meningkatkannya secara tak terduga. Misalnya, ketika salah
seorang insinyur kami mendapati bahwa penelusuran dapat berfungsi dengan baik
untuk kata-kata yang ejaannya benar, dia memikirkan bagaimana penelusuran
menangani salah ketik. Hasilnya, dia berhasil menciptakan pemeriksa ejaan yang
lebih intuitif dan membantu.
Bahkan jika Anda
tidak tahu pasti apa yang Anda cari, mendapatkan jawaban di web adalah masalah
kami, bukan masalah Anda. Kami mencoba mengantisipasi kebutuhan yang belum
diungkapkan oleh audiens global kami, dan memenuhinya dengan produk serta
layanan yang menjadi standar baru. Saat kami meluncurkan Gmail, layanan ini
memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar dibanding layanan email mana pun.
Bila melihat masa lalu, jelas ruang penyimpanan kami memang lebih besar–namun
itu karena sekarang kami memiliki standar baru untuk penyimpanan email. Hal-hal
semacam itu adalah bagian dari perubahan yang ingin kami lakukan, dan kami
selalu mencari tempat baru untuk melakukan perubahan. Pada akhirnya,
ketidakpuasan yang terus muncul menjadi pendorong dalam semua tindakan yang
kami lakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar